Doa Umroh Lengkap, Doa Berangkat Umroh, Doa Pulang Umroh dan Doa Untuk Orang yang Berangkat Umroh

Berniat untuk melaksanakan ibadah umroh harus disertai dengan doa umroh lengkap yang benar. Kita harus menguasai doa untuk orang yang berangkat umroh agar perjalanan umroh bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan dan tujuan Kita. Di mana di dalam doa-doa tersebut ada harapan yang kuat serta bukti kesungguhan hati yang sudah berniat untuk melaksanakan umroh.

Doa- doa untuk orang yang berangkat umroh ini hampir sama dengan doa-doa yang dipanjatkan saat akan berangkat haji, jadi bagi Kita yang akan melaksanakan haji tetapi masih menunggu kloter keberangkatan, menghafal doa umroh ini menjadi keuntungan tersendiri. Kita nantinya saat akan berangkat haji sudah tidak perlu menghafal dari awal lagi.

Adapun kumpulan doa umroh lengkap yang sudah disediakan panduannya dalam bentuk buku praktis dan akan Kita dapatkan saat sudah mendaftarkan diri sebagai calon jama’ah umroh. Buku panduan ini dijamin lebih lengkap dan akan dipandu secara langsung oleh pemandu umroh saat nanti pelaksanaan umroh.

Doa Umroh Lengkap

Hafalan doa harus dilakukan oleh para calon jamaah umroh sebagai persiapan untuk beribadah dengan maksimal di Tanah Suci. Semua doa harus dikuasai. Doa umroh lengkap namanya. Dikatakan lengkap, karena doa umroh bukan hanya sebatas niat menjalankan umroh saja, melainkan dibarengi dengan rangkaian kegiatan umroh yang lainnya.

Bahkan sebelum membaca niat umroh, Kita harus membaca doa berangkat umroh. Dalam hal inilah adalah doa yang Kita lafadzkan saat meninggalkan rumah. Setelah umroh selesai dan akan pulang ke rumah, ada juga doanya, yakni doa pulang umroh.

Dari rumah sampai ke rumah lagi menjadi kumpulan doa-doa lengkap untuk ibadah umroh. Semuanya terangkum dalam buku pegangan buku doa umroh lengkap yang dibagikan kepada calon jama’ah umroh. Ada satu paket koper, baju ihram, identitas jamaah dan juga tidak lupa buku panduan bdoa umroh lengkap yang dibagikan kepada calon jamaah umroh. Kita tidak perlu bingung lagi jika ingin menghafalkan dan memang beum hafal sampai hari H keberangkatan, karena ada buku panduan lengkapnya.

Doa Berangkat Umroh

Doa berangkat umroh adalah doa yang dilafadzkan saat akan berangkat umroh. Biasanya menajdi satu saat digelarnya pengajian. Seperti yang Kita lihat dan ketahui selama ini, keberangkatan umroh selalu dilakukan dengan menggelar pengajian di rumah. Inilah momen di mana Kita melafadzkan doa berangkat umroh, yakni tujuannya sekaligus meminta doa kepada para tetangga, saudara, dan juga kepada semua orang agar pelaksanaan ibadah umroh berjalan dengan lancar.

Isi bacaan doa berangkat umroh ini layaknya doa yang diucapkan saat akan bepergian. Namun bedanya, doa berangkat umroh ini diucapkan sembari melaksanakan sholat sunnah dua raka’at. Jadi sebelum berangkat umroh, para calon jamaah umroh harus melaksanakan ibadah sholat dua raka’at.

Ketentuan sholat dua rakaat yang dilakukan sebelum berangkat umroh adalah :

  1. Di rokaat pertama, membaca surat Al Fatihah dan surat Al Kafirun.
  2. Di rokaat kedua, membaca surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas.
  3. Setelah salam, maka Kita membaca doa berangkat umroh berikut :

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

  الحَمْدُ لِلهِ الذِيْ هَدَانِيْ بِالإسْلَامِ، وَأَرْشَدَنِيْ إلَى أدَاءِ مَنَاسِكِي حَاجًا بِبَيْتِهِ وَمُعْتَمِرًا بِمَشَاعِرِه. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلى النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلى آلهِ وَأصْحَابِهِ أجْمَعِينَ. اللَّهُمَّ إِلَيْكَ تَوَجَّهْتُ، وَبِكَ اعْتَصَمْتُ. اللَّهُمَّ اكْفِنِي مَا هَمَّنِي وَمَا لاَ أَهْتَمُّ لَهُ، اللَّهُمَّ زَوِّدْنِي التَّقْوَى، وَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik haji di rumah-Nya dan mengerjakan umroh di tempat lambang-lambang keagungan-Nya (Masya’ir).

Ya Allah, berilah salawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis (ummi) dan atas keluarga dan para sahabatnya sekalian. Ya Allah, kepada-Mu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh. Ya Allah lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak aku perlukan. Ya Allah, bekalilah aku dengan taqwa dan ampunilah dosaku.”

Dalam tuntutan doa umroh lengkap, ternyata doa berangkat umroh bukan hanya satu saja, melainkan ada beberapa. Setelah membaca doa setelah melaksanakan sholat dua rokaat di atas, doa berangkat umroh pun harus dilafadzkan lagi saat akan meninggalkan rumah menuju ke Embarkasi. Berikut adalah bunyinya :

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

Artinya : “Ya Allah, kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebajikan katakwaan dan amal yang Engkau ridhoi Ya Allah, ringankanlah atas kami perjalanan ini, dekatkanlah jaraknya perjalanan ini, Ya Alloh Engkaulah temanku dalam perjalanan ini dan Engkaulah sebagai pengganti yang melindungi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari pada kesusahan perjalanan ini, dari pemandangan yang menyakitkan dan dari nasib yang sial dalam harta dan keluarga.” ( HR. Muslim )

Doa untuk berangkat umroh pun kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan niat umroh yang berbunyi : “Labbaikallahumma ‘umratan. Yang artinya ‘Aku sambut panggilanMu ya Allah untuk menjalankan umroh.”

Setelah membaca niat, barulah kemudian Kita berganti pakaian dengan menggunakan kain ihram. Pelaksanaan umroh pun dimulai.

Doa Pulang Umroh

Saat akan persiapan berangkat umroh, Kita menggelar pengajian untuk meminta doa restu orang lain. Lalu Kita diharuskan membaca doa berangkat umroh. Berbeda dengan saat Kita akan pulang umroh, maka Kita harus mengucapkan doa pulang umroh. Ini adalah doa wajib yangharus Kita lafadzkan.

Apalagi dalam adab yang sesuai dengan ketentuan Agama, setelah pulang umroh pun akan ada banyak tamu yang datang ke rumah. Tujuannya adalah untuk bersua dengan orang yang baru pulang umroh serta mengharapkan keberkahan doa pulang umroh. Untuk itulah ada doa yang dipanjatkan bagian para jamaah umroh yang sudah pulang.

Doa orang yang baru saja melaksanakan umroh diyakini sangat manjur karena memang dijanjikan dalam hadits, bahwa orang yang mau berumroh, doanya pasti dikabulkan.

Di dalam buku panduan umroh sudah ada bacaan doa pulang umroh yang bisa Kita hafalkan. Semuanya lengkap dengan artinya, sehingga Kita menjadi tahu apa yang Kita panjatkan dalam doa tersebut. Setelah meningglakan Tanah Suci, sebaiknya doa ini langsung dibaca.

Dalam praktiknya, doa umroh akan dilafadzkan pada saat para tamu akan pulang. Berikut adalah do’a pulang umroh.

“Bismillâhirrahmânirrahîm. Allâhumma shalli ‘ala sayyidinâ Muhammad wa ‘ala âli sayyidinâ Muhammad. Allâhumma balligh ashâbana wa ikhwânana wa aqribâ’ana ilal makkah wal madînah wa barikhum liziyârati baytika wa maqbarati rasûlikal muqaddasah birahmatika ya arhamar râhimin. Allahummar zuqna ziyâratal haramayn marratan ba’da marratin li-adâ’i farîdati nusûkika ya Allâh. Walhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn.”

Artinya : “Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” “Ya Allah berilah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad saw. dan keluarganya.” “Ya Allah, berilah kemampuan bagi sahabat-sahabat kami, saudara-saudara kami, kaum kerabat kami untuk datang ke Mekah dan Madinah. Berkahilah mereka agar dapat berkunjung ke rumahMu, Kakbah, dan pusara RasulMu yang suci dengan kasih sayangMu wahai yang Maha Pengasih.”

Ya Allah, berilah kami rezeki agar dapat mengunjungi Haramain (Mekah dan Madinah) berulang kali untuk menunaikan semua ibadah ya Allah.” “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta sekalian alam.”

 Doa tersebut memiliki makna yang sangat bagus, karena ada doa untuk semua tamu yang datang untuk bisa ketularan melaksanakan ibadah umroh. Hal tersebut sangat penting, kaitannya dengan maksud dan tujuan para tamu yang datang. Mereka merasa senang karena saudaranya bisa melaksanakan umroh. Lalu mereka pun berharap untuk bisa menjalankannya juga.

Dalam buku tuntunan doa umroh lengkap sudah disediakan. Doa orang umroh akan diamini oleh para tamu dan dilengkapi dengan mencicipi air zam-zam yang disediakan.

Di akhir doa pulang umroh, Kita tidak lupa melafadzkan doa sapu jagad. Sebuah doa yang paling bagus dan memiliki manfaat yang luar biasa. “Rabbanaa aatinna fiddun yaa hasanah wa fil akhirati hasanah aqinna adza bannaar. wa adkhilnal jannata ma al abraar. Ya azizu ya ghafar ya robbal alamiin.”

Doa Untuk Orang yang Berangkat Umroh

Adapun dalam berumroh ternyata bukan hanya dibebankan kepada orang yang melaksanakan umroh saja. Dalam hal ini adalah pembacaan doanya. Di mana orang lain atau tamu yang datang juga disunnahkan untuk membaca  untuk orang yang berangkat umroh.

Di mana doa yang dimaksud adalah doa untuk orang yang berangkat umroh yang sudah disediakan dalam buku panduan doa umroh lengkap. Tujuannya adalah untuk ikut mendoakan agar perjalanan umroh berhasil dan lancar. Bisa sampai Tanah Air dengan selamat.

Berikut adalah doa untuk orang yang berangkat umroh :

تَقَبَّلَ اللَّهُ عُمْرَتَك ، وَغَفَرَ ذَنْبَك ، وَأَخْلَفَ عَلَيْك نَفَقَتَك

Artinya: “Semoga Allah menerima umrah anda, semoga Allah mengampuni dosa anda dan memberi ganti untuk biaya perjalanan anda.

Saling mendoakan antara orang yang umroh dan yang belum melaksanakan umroh. Saling mendoakan untuk yang terbaik, di mana orang yang umroh mendoakan bagi yang belum bisa umroh untuk bisa umroh, dan yang belum bisa umroh mendoakan agar yang baru pulang umroh bisa mabrur dengan limpahan rejeki yang lebih baik lagi.

Arti doa tersebut juga sebagai ucapan terima kasih kepada orang yang baru pulang umroh karena telah memberikan jamuan yang terbaik saat berkunjung. Jamuan yang dibawa langsung sebagai oleh-oleh dari tanah suci tersebut juga menjadi penyempurna ibadah umroh, karena dicatat sebagai sedekah.

Layaknya kertas yang baru diproduksi, warna putihnya akan terlihat sangat putih. Jangan sia-siakan kesempatan untuk menyambut banyak tamu yang datang ke rumah ini, karena Kita masih sama dengan melakuka ibadah. Penyambutan ini biasa disebut dengan sejarah umroh. Isinya adalah untuk silaturohmi dan berbagai pengalaman saat melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci.

Do’a-do’a untuk umroh bukan hanya untuk doa saat melaksanakan umroh saja, melainkan juga doa untuk berangkat hingga pulang lagi ke tanah air. Ada makna kesungguhan hati dlam beribadah pada lafadz doa berangkat umroh dan ada makna kerukunan dari adanya doa pulang umroh dan doa untuk orang yang berangkat umroh. Pada intinya, kumpulan doa umroh lengkap tersebut adalah untuk meminta kemudahan, keselamatan, dan kelancaran dalam menjalankan ibadah umroh kepada Allah SWT. Kita harus mengandalkannya serta memahami artinya. Bukan hanya sekedar menghafal dan tanpa memaknainya. Tujuannya adalah agar ibadah umroh yang Kita lakukan ini menjadi mabrur.

Baca juga:

Share on Whatsapp

Related articles

Lengkap! Hukum Umroh, Niat Umroh, Rukun Umroh, Syarat Umroh Dan Keutamaan Umroh Serta Larangan Umroh

Kalau berbicara soal umroh, maka hukum umroh, niat umroh, rukun umroh, syarat umroh dan keutamaan umroh serta larangan umroh pun menjadi pengetahuan yang sangat kita butuhkan. Di mana kita akan mendapatkan pengetahuan secara lebih detail lagi. Apalagi bagi kita yang akan menjalankan ibadah umroh, maka akan sangat perlu untuk mengetahui seluk beluk umroh agar perjalanan […]

Learn More

Lengkap! Syarat Membuat Paspor Umroh

Rizkia Tour & Travel – Bagi Anda yang sekarang ini merencanakan untuk pergi umroh, tentunya Anda harus tau syarat membuat paspor umroh sebagai salah satu syarat keberangkatan Anda. Sekarang ini pembuatan paspor sudah dipermudah, Anda tidak perlu antri lama di kantor imigrasi, karena sudah ada cara membuat paspor secara online. Anda hanya perlu mengambil antrian […]

Learn More

Oleh-Oleh Umroh Unik Untuk Keluarga di Rumah

Pergi ibadah umroh memang tidak lengkap jika hanya sekedar beribadah dan mengunjungi berbagai tempat bersejarah yang ada di Makkah maupun Madinah. Pastikan Anda menyempatkan diri untuk singgah di berbagai pusat oleh-oleh umroh unik yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai buah tangan setelah kembali dari Tanah Suci. Setidaknya ada banyak sekali berbagai jenis makanan, aksesoris dan […]

Learn More
Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?

Kami hadir di sini siap membantu Anda. Silahkan klik untuk chat via Whatsapp.

Customer Service 1

Yesi Saputri

Online

Customer Service 3

Mulya Rahmi

Online

Customer Service 2

Syifa Fauziah

Online

Yesi Saputri

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Mulya Rahmi

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Syifa Fauziah

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00
%d bloggers like this: