Keutamaan & Hikmah Umroh yang Perlu Anda Ketahui

Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang hikmah umroh yang masih banyak orang belum mengetahuinya. Umroh berarti mengunjungi Baitullah dengan tujuan beribadah kepada Allah. Umrah adalah ibadah khusus muslim. Umroh hampir sama dengan haji, namun berbeda di rukunnya. Apabila Kita melaksanakan ibadah haji, harus menunggu antrian yang cukup panjang. Namun, apabila Kita melakukan ibadah umroh hanya menunggu antrian yang cukup pendek.

Keistimewaan dan Keutamaan Umroh yang Perlu Anda Ketahui

Arti dari hikmah umroh dapat dirasakan oleh setiap orang. Namun, pada dasarnya apabila umroh dilakukan dengan ikhlas, setiap orang akan merasakan kenikmatan haqiqi ketika melaksanakannya. Hal ini disebabkan karena hati dan jiwa sudah terpaut untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nah, apa saja hikmah dari melaksanakan ibadah umroh? Mari Kita simak ulasan di bawah ini.

1. Ibadah umrah yang satu dengan umrah berikutnya adalah penghapus dosa

Seorang muslim yang menjalankan ibadah umroh lalu beberapa tahun kemudian ia melakukan umroh kembali maka dosa-dosanya pada rentang waktu dari umroh pertama ke umroh kedua akan diampuni oleh Allah SWT.

Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga,” (HR. Bukhari).

2. Umrah merupakan jihad bagi wanita dan orang lemah

Ibadah umrah merupakan jihad bagi kaum perempuan dan orang-orang yang lemah. Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah RA. Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, ‘Aisyah berkata: “Aku bertutur: ‘Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita?’ Beliau berkata: ‘Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu haji dan umrah.” (HR. Ibdu Majah, Dishahihkan oleh al-Albani)

3. Wafat saat menjalankan ibadah Umrah pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat

Orang yang wafat saat melaksanakan ibadah umroh akan mendapatkan keutamaan pahalanya dicatat sampai hari kiamat. Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, beliau berkata: Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Barangsiapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar dalam melaksanakan umrah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umrah sampai hari kiamat, dan barangsiapa keluar dalam berperang dijalan Allah lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang berperang dijalan Allah sampai hari kiamat.”

4. Ibadah Umrah menghilangkan kefakiran

Ibadah umrah akan menghilangkan kefakiran. Itu bisa kita lihat dari saudara-saudara kita yang melkukan ibadah umrah atau haji, kehidupan mereka menjadi lebih baik dan rezeko mereka semakin terbuka. Itulah salah satu fadillah ibadah umrah. Semua biaya yang dikeluarkan untuk berangkat Haji dan Umrah akan diganti oleh Allah SWT dengan jumlah berlipat. Ini sesuai dengan hadist Rasulullah saw,: “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”(HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

5. Fadillah salat dua rakaat di Masjid Quba sama pahalanya dengan satu kali umrah dengan

Shalat di Masjid Quba ada keutamaan tersendiri. Hal ini sesuai dengan Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

6. Umroh di bulan Ramadhan pahalanya sama seperti haji bersama Rasullah saw

Seorang yang melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang begitu besar, yaitu: pahalanya ibadah umrah di bulan Ramadhan pahalanya sama dentgan manunaikan ibadah haji dengan Rasulullah saw. Ini sesuai dengan hadist yang disabdakan oleh Rasulullah saw bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist lain menyebutkan: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari).

7. Jemaah Umrah adalah tamu-tamu Allah yang doanya dikabulkan

Hikmah umroh yang pertama adalah doa yang Kita panjatkan disana, akan dikabulkan oleh Allah SWT. Ini disebabkan orang yang melaksanakan ibadah umroh adalah tamu Allah yang istimewa. Itulah yang disebutkan oleh Nabi Muhammad. Jadi, apapun yang Kita pinta lebih akan dikabulkan oleh Allah. Yang penting selalu yakin dan percaya.

Dari Jabir ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang-orang yang berhaji dan berumrah adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka dan mereka datang, maka mereka minta kepada Allah dan Allah akan mengabulkan.” (HR. Al-Bazzahr, sebagaimana dalam At-targhib, no. 1658)

8. Sebagai Tempat untuk Instropeksi Diri

Hikmah umroh yang kedua adalah ketika Kita melaksanakan umroh di Baitullah, tempat tersebut akan menjadi tempat dimana Kita akan lebih konsentrasi dalam instropeksi terhadap dosa-dosa ataupun kesalahan-kesalahan yang Kita lakukan selama ini. Masa lalu Kita yang penuh dosa dan kelam akan menjadi bahan untuk instropeksi. Hal tersebut juga akan menjadi bahan permbelajaran untuk menjadi lebih baik lagi selanjutnya.

9. Diberi Surga di Akhirat Kelak

Hikmah umroh selanjutnya adalah akan diberi surga oleh Allah di akhirat kelak. Menjadi tamu Allah saat menjalankan umroh adalah salah satu hal yang luarbiasa. Tidak semua orang diberi kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah umroh. Maka Allah menjanjikan surga bagi mereka yang melaksanakan umroh. Yang terpenting kuncinya adalah umroh dengan niat ikhlas dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ridhoNya.

10. Mendapatkan Ketenangan Batin

Mendapatkan ketenangan batin adalah salah satu hikmah umroh yang lainnya. Tidak heran bahwa banyak orang yang ketika ditimpa ujian ataupun masalah, mereka lebih memilih melaksanakan ibadah umroh. Hal ini disebabkan ketika mereka beribadah disana, hati mereka menjadi jauh lebih tenang. Hal ini pun menjadi suatu keistimewaan untuk lebih siap dan ikhlas dalam menghadapi ujian hidup yang sedang mereka alami.

11. Pahala yang Didapat adalah 100.000x Lipat

Hikmah umroh lainnya adalah mendapatkan pahala 100.000x lipat. Ketika sholat munfarid Kita hanya akan mendapatkan pahala 1, dan ketika sholat berjamaah di Masjid Kita akan mendapatkan pahala 7. Namun, ketika Kita melaksanakan sholat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, Kita akan mendapat pahala hingga 1000-100.000x lipat.

12. Melatih Sabar

Hikmah umroh selanjutnya adalah melatih kesabarab Kita. Jangan dibayangkan ketika melaksanakan ibadah umroh, Kita tidak akan mendapatkan ujian kesabaran. Namun, disana Anda akan berdesak-desakan dengan jutaan orang yang menjadi tamu Allah SWT. Cuaca yang panas, dan letih bisa jadi akan menjadi ujian kesabaran Anda agar tidak cepat emosi dalam bertindak.

13. Menambah Keimanan Seseorang

Hikmah umroh yang terakhir untuk dibahas di artikel ini adalah akan menambah keimanan seseorang. Biasanya, orang yang sudah berkunjung kesana dan menjadi tamu Allah, setelah kembali ke daerahnya, akan membuat imannya semakin bertambah. Hal tersebut bisa didapat apabila niat nya dari awal hanya karna Allah SWT semata. Bukan untuk pamer atau menyombongkan diri. Nah, bagaimana ulasan di atas? Menarik bukan? Semoga Kita semua diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menjadi tamu nya yg istimewa dengan melaksanakan ibadah umroh.

Baca juga:

Share on Whatsapp

Related articles

Siapa Sangka, Ini Dia Keutamaan Masjidil Haram Sebagai Tempat Iconic Di Makkah

Salah satu tempat favorit yang pasti akan selalu dikunjungi oleh para jamaah haji ataupun umroh selama di tanah suci adalah Masjidil Haram. Sebuah tempat bersejarah sekaligus dianggap sebagai tempat suci ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh banyaknya keutamaan Masjidil Haram yang sudah diketahui oleh semua orang seantero dunia. Tentu saja […]

Learn More

Hukum Dan Syarat Orang Yang Wajib Melaksanakan Haji

Naik haji bagi yang sanggup melakukannya adalah merupakan Rukun Islam yang kelima. Pengertian haji menurut bahasa adalah menyengaja, sedangkan menurut istilah syar’i haji memiliki makna: suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan sengaja datang ke Baitullah di Mekkah al- Mukarramah dengan maksud untuk beribadah dengan ikhlas hanya mengharapkan ridha Allah swt dengan syarat dan rukun tertentu. […]

Learn More

Pengertian Haji dan Umroh dan Tata Caranya

Setiap umat Islam pasti ingin bisa melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima. Jika telah diberi kesiapan mental, fisik dan finansial, tidak ada alasan menunda pelaksanaan ibadah haji ke Tanah Suci. Di Indonesia sendiri, antrian melakukan ibadah haji begitu lama hingga bertahun-tahun. Tak heran jika banyak masyarakat di Indonesia yang memilih ibadah umroh demi […]

Learn More
Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?

Kami hadir di sini siap membantu Anda. Silahkan klik untuk chat via Whatsapp.

Customer Service 1

Yesi Saputri

Online

Customer Service 3

Mulya Rahmi

Online

Customer Service 2

Syifa Fauziah

Online

Yesi Saputri

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Mulya Rahmi

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Syifa Fauziah

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00
%d bloggers like this: