Pengertian Haji dan Umroh dan Tata Caranya

Setiap umat Islam pasti ingin bisa melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima. Jika telah diberi kesiapan mental, fisik dan finansial, tidak ada alasan menunda pelaksanaan ibadah haji ke Tanah Suci. Di Indonesia sendiri, antrian melakukan ibadah haji begitu lama hingga bertahun-tahun. Tak heran jika banyak masyarakat di Indonesia yang memilih ibadah umroh demi menuntaskan rindu ke Baitullah. Sebenarnya bagaimana pengertian haji dan umroh dan tata caranya?

Pengertian haji

Haji merupakan salah satu penyempurna rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan setiap umat Islam. Ketentuan melakukan haji adalah mampu dalam artian materi, fisik dan ilmu. Haji memiliki arti datang dan berniat sedangkan haji menurut istilah memiliki makna berniat pergi ke Baitullah dengan niat pada tempat dan waktu yang telah ditentukan demi melaksanakan serangkaian ibadah. Pengertian haji dan umroh dan tata caranya akan membantu Anda memahami niat utama melakukan ibadah suci ini.

Syarat haji sendiri ada lima yaitu beragama Islam, berakal, baligh, merdeka dan mampu. Barang siapa yang telah memenuhi lima syarat haji di atas, wajib segera melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Pengertian haji dan umroh dan tata caranya wajib dimengerti setiap muslim agar bisa melaksanakan rangkaian ibadah dengan benar berdasarkan mahzab yang dianut.

Tata cara melaksanakan ibadah haji

Pengertian haji dan umroh dan tata caranya harus dipelajari setiap umat Islam agar bisa melakukan ibadah secara tenang dan benar. Berdasarkan mahzab Syafi’i yang dianut di Indonesia, berikut tata cara melaksanakan ibadah sesuai dengan rukun haji.

1. Ihram

Hal pertama yang wajib dilakukan calon jamaah haji adalah melakukan niat saat miqat hendak memulai ibadah haji. Anda harus mengucapkan lafadz niat yaitu Labaikallahuma khajaa yang bermakna memenuhi panggilan Allah SWT untuk berhaji. Ihram merupakan bagian pertama yang masuk dalam pengertian haji dan umrah dan tata caranya  yang merupakan hal vital.

Para jamaah haji laki-laki tidak boleh memakai pakaian berjahit sedangkan apra wanita memakai baju tertutup tanpa cadar atau sarung tangan. Sebaiknya lakukan sunnah saat ihram seperti mandi, memotong kuku, memakai kain atasan berwarna putih bersih dan memakai sandal.

2. Thawaf

Pengertian haji dan umroh dan tata caranya setelah ihram adalah melakukan thawaf adalah  mengelilingi Ka’bah selama 7 kali putaran dengan syarat yang harus dipenuhi antara lain suci dari hadas dan najis baik badan atau pakaian, menutup aurat secara sempurna, Ka’bah harus berada di kiri saat jamaah haji mengelilingi dan harus memulai mengelilingi Ka’bah dari Hajar Aswad yang berada di salah satu pojok Ka’bah dan berakhir di tempat sama.

3. Melakukan Sa’i antara Shafa dan Marwah

Sa’i merupakan tata cara melakukan ibadah Haji yang telah disebutkan Rasulullah dalam hadist riwayat Ahmad. Jamaah haji harus berjalan sebanyak tujuh putaran dari bukit Safa ke bukit Marwah. Pengertian haji dan umroh dan tata caranya sama-sama wajib melakukan sa’i.

4. Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah memiliki pengertian berdiam di padang Arafah dengan memperbanyak kegiatan untuk berdzikir dan beristigfar kepada Allah SWT. Waktu wukuf akan dilaksanakan saat matahari tergelincir di ujung barat  tanggal 9 Dzulhijjah hingga fajar terbit pada hari raya Idul Adha. Jika seorang jamaah haji berwukuf diluar waktu yang telah ditentukan, para jumhur ulama menyebut bahwa ia belum melakukan wukuf.

Selain rukun haji yang wajib dilakukan secara berurutan, jamaah haji juga harus melaksanakan wajib haji. Wajib haji harus dilaksanakan agar jamaah tidak membayar denda (dam) meskipun ibadah haji yang dilakukan tetap sah.

Wajib Haji

Wajib haji yang harus dilakukan antara lain:

1. Ihram dari miqot

Tempat pembatas jamaah haji menggunakan ihram adalah miqot yang telah ditentukan sejak jaman nabi Muhammad SAW. Pengertian haji dan umroh dan tata caranya mewajibkan jamaah niat dan memakai pakaian ihram sejak di daerah ini termasuk saat melewati pembatas menggunakan pesawat.

2. Wukuf di Arafah

Durasi waktu sampai batas maghrib jika jamaah memulai wukuf saat siang hari.

3. Mabit di Muzdalifah

Setelah melaksanakan wukuf, para jamaah haji akan melaksanakan menginap atau mabit di Muzdalifah hingga terbit fajar. Para jamaah bisa mengambil kerikil 7 buah di Muzdalifah pada hari Idul Adha.

4. Melempar jumroh

Melempar jumroh dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau jumroh Aqobah dan sunnah melakukan takbir di sela melempar jumroh.

5. Mabit di Mina

Bermalam di Mina dilakukan pada hari tasyriq yaitu 11,12 dan 13 Dzulhijah.

6. Mencukur atau memendekkan rambut

Bagi laki-laki wajib mencukur atau memendekkan kepala sampai habis sedangkan kaum wanita hanya perlu memotong rambut satu ruas jari saja.

7. Tawaf Wada’

Merupakan rangkaian ibadah haji yang terakhir yaitu melakukan tawaf wada’ atau perpisahan. Wajib dilakukan oleh semua jamaah haji selain penduduk kota Mekkada dan wanita haid.

Pengertian haji dan umroh dan tata caranya harus dipelajari agar tidak memicu kesalahan rukun haji yang dilupakan sehingga haji tidak sah. Selain itu, jamaah juga harus melakukan sunnah haji yang bernilai pahala besar seperti melantunkan talbiyah, melakukan thawaf qudum, shalat di Hijr Ismail, mencium Hajar Aswad dan lain-lain. Lalu, bagaimana beda rangkaian ibadah haji dan umroh?

Pengertian umroh

Umroh merupakan rangkaian ibadah yang terdiri dari ihram, thawaf, sai dan tahalul. Busa dilakukan kapan saja kecuali hari Arafah 10 Dzulhijah dan hari tasyriq yaitu 11,12, 13 Dzulhijah. Saat melakukan ibadah haji, umroh bisa masuk dalam kegiatan sunnah tergantung cara mengerjakan haji tersebut.

Haji Ifrad mewajibkan ihram di miqot dengan niat beribadah haji semata sedangkan ibadah umroh bisa tidak dilakukan atau dilakukan setelah haji selesai. Haji Qiran menggabungkan dua rangkaian ibadah secara bersamaan yaitu haji dan umroh dalam satu waktu sekaligus sedangkan haji tamattu’ merupakan cara melaksanakan ibadah haji dengan pelaksanaan umroh terlebih dahulu.

Tata cara melaksanakan ibadah umroh

Pengertian haji dan umroh dan tata caranya akan mengajak Anda mempelajari syariat Islam secara detail. Setidaknya rangkaian acara melaksanakan ibadah umroh sama dengan ibadah haji kecuali melakukan rukun haji yaitu wukuf di padang Arafah, mabit di Muzdalifah dan melempar jumroh. Selain hal yang disebutkan, jamaah umroh harus tetap melakukan rangkaian ibadah yang sama.

Selain itu, hukum melaksanakan umroh adalah sunnah sedangkan haji memiliki keutamaan wajib sebagai penyempurna agama Islam. Toh, Anda bisa melaksanakan ibadah umroh kapan saja tanpa harus menunggu musim haji tiba. Waktu yang paling direkomendasikan untuk melaksanakan ibadah khususnya umroh adalah momen Ramadhan tiba. Setiap orang berlomba mengumpulkan pahala sebesar-besarnya dengan banyak beribadah dan berdoa di Tanah Suci.

Pengertian haji dan umroh dan tata caranya akan Anda pelajari bersama dengan konsultan atau pembimbing pusat travel haji dan umroh. Pastikan Anda memilih jasa travel umroh dan haji yang terpercaya dan kredibel agar bisa mendapatkan fasilitas yang menarik. Salah satu fasilitas menarik tersebut adalah bimbingan pra haji atau umroh yang sangat bermanfaat menambah keilmuan masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Share on Whatsapp

Related articles

Lengkap! Tata Cara Umroh dan Manasik Umrah Disertai Dalil

Rizkia Tour & Travel – Ibadah umroh itu juga sering disebut dengan ibadah haji kecil, karena sama-sama dilakukan di Tanah Suci Mekkah. Pelaksanaannya bisa berkali-kali dalam satu tahun. Waktunya bebas, yang terpenting adalah mampu secara ekonomi. Adapun tata cara umroh dan manasik umrah lengkap yang harus kita pelajari akan kita bahas secara lengkap. Walaupun hampir […]

Learn More

Siapa Sangka! Ini Dia Keutamaan Masjidil Haram Sebagai Tempat Iconic Bagi Umat Islam

Salah satu tempat favorit yang pasti akan selalu dikunjungi oleh para jamaah haji ataupun umroh selama di tanah suci adalah Masjidil Haram. Sebuah tempat bersejarah sekaligus dianggap sebagai tempat suci ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh banyaknya keutamaan Masjidil Haram yang sudah diketahui oleh semua orang seantero dunia. Tentu saja […]

Learn More

Paket Internet Umroh dan Haji

Tidak perlu dipungkiri lagi jika dalam melaksanakan ibadah umroh berbagai persiapan akan selalu dilakukan guna membuat ibadah umroh yang Anda jalankan menjadi lebih tenang, nyaman dan juga khusyuk. Salah satu perlengkapan yang memang harus dibawa pada saat melakukan ibadah umroh adalah paket internet umroh yang nantinya akan membantu Anda untuk bisa tetap berhubungan dengan keluarga […]

Learn More
Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?

Kami hadir di sini siap membantu Anda. Silahkan klik untuk chat via Whatsapp.

Customer Service 1

Yesi Saputri

Online

Customer Service 3

Mulya Rahmi

Online

Customer Service 2

Syifa Fauziah

Online

Yesi Saputri

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Mulya Rahmi

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Syifa Fauziah

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00
%d bloggers like this: