Perbedaan Haji dan Umrah Yang Perlu Anda Ketahui

Ibadah haji dan umroh adalah ibadah yang bersifat maliyah mahdhoh, atau ibadah yang erat hubunganya dengan harta benda. Ibadah umroh saat ini sering dijadikan sebagai alternatif perjalanan ibadah menuju tanah suci menggantikan ibadah haji. Hal ini disebakannya sistem antrian haji yang begitu lama. Terhitung tahun 2019 ini setiap pendaftaran baru harus menunggu 17 tahun ke depan untuk bsia berangkat haji.

Berbeda dengan ibadah umroh yang bisa dilaksanakan kapan saja. Asalkan seseorang memiliki harta yang cukup dan fisik yang sehat maka ia bisa berangkat umroh kapanpun.

Umroh biasa disebut juga dengan HAJI KECIL. Namun, banyak umat Islam yang masih belum bisa membedakan antara keduanya, haji dan umroh. Bahkan seseorang yang pernah melaksanakan ibadah umrah dan haji sekalipun kadang sulit juga membedakan antara ibadah haji dan umoh.

Pada dasarnya perbedaan haji dan umroh itu hanya terletak pada 3 hal saja, yaitu:

  1. Waktu pelaksanaan
  2. Rukun
  3. Hukum (Ada perbedaan pendapat para ulama)

Silahkan perhatikan tabel di bawah ini, Anda bisa melihat perbedaan antara ibadah haji dan umroh.

Penjelasannya Perbedaan Haji dan Umroh:

1. Waktu pelaksanaan

Mengenai tempat pelaksanaan ibadah haji dan umroh sama-sama dilaksanakan di Mekah. Namun ada perbedaan antara keduanya, yaitu WAKTU PELAKSANAAN. Ibadah umrah boleh dilaksanakan kapanpun sepanjang tahun.

Sementara ibadah haji hanya boleh dilakukan pada tanggal 9 – 10 Zulhijjah saja. Jika ibadah haji dilaksanakan di luar tanggal tersebut maka ibadah hajinya tidak sah. Dengan kata lain, waktu pelaksanaan ibadah haji hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun, yaitu di bulan Zulhijjah. Sedangkan ibadah umrah boleh dilakukan kapanpun. Ibadah umrah hanya dimakruhkan pada tanggal tertentu saja yaitu Arofah pada 9 Dzulhijah, hari nahar tanggal 10 Dzulhijah dan hari tasyrik yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah.

2. Rukun

Perbedaan antara haji dan umroh juga terdapat pada rukun pelaksanaannya. Ibadah haji memiliki rukun yang lebih banyak dibandingkan umrah. Berikut perbedaannya:

Rukun ibadah haji:

  1. Ihram
  2. Wukuf Di Arafah
  3. Thawaf Ifadhah
  4. Sa’i
  5. Tahallul
  6. Tertib dalam Pelaksanaannya

Rukun umroh:

  1. Ihram
  2. Thawaf
  3. Sa’i
  4. Tahallul
  5. Tertib dalam Pelaksanaannya

3. Hukum

Ibadah haji para ulama sepakat bahwa hukumnya WAJIB bagi yang mampu, sekali seumur hidup.

Adapun ibadah umrah maka para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya. Namun kebanyakan ulama mengatakan bahwa hukum ibadah umrah adalah wajib.

Di dalam Fatawa Lajnah Daimah: 11/317 disebutkan:

“Yang benar dari kedua pendapat para ulama adalah bahwa umroh hukumnya wajib, berdasarkan firman Allah Ta’ala:

(وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ)

Dan sempurnakanlah ibadah haji dan `umrah karena Allah”. (QS. Al Baqarah: 196)

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan antara haji dan umrah? Selain dari tiga hal di atas, yaitu waktu pelaksanaan, rukun dan hukum maka ibadah haji dan umrah memiliki persamaan, baik di syarat sah maupun syarat-syarat lainnya. Perbedaan haji dan umrah lebih kepada tata cara pelaksanaannya.

Ditulis oleh: Ust. Satri Abu Ulya, Lc.

Share on Whatsapp

Related articles

Lengkap! Tata Cara Umroh dan Manasik Umrah Disertai Dalil

Rizkia Tour & Travel – Ibadah umroh itu juga sering disebut dengan ibadah haji kecil, karena sama-sama dilakukan di Tanah Suci Mekkah. Pelaksanaannya bisa berkali-kali dalam satu tahun. Waktunya bebas, yang terpenting adalah mampu secara ekonomi. Adapun tata cara umroh dan manasik umrah lengkap yang harus kita pelajari akan kita bahas secara lengkap. Walaupun hampir […]

Learn More

Siapa Sangka, Ini Dia Keutamaan Masjidil Haram Sebagai Tempat Iconic Di Makkah

Salah satu tempat favorit yang pasti akan selalu dikunjungi oleh para jamaah haji ataupun umroh selama di tanah suci adalah Masjidil Haram. Sebuah tempat bersejarah sekaligus dianggap sebagai tempat suci ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh banyaknya keutamaan Masjidil Haram yang sudah diketahui oleh semua orang seantero dunia. Tentu saja […]

Learn More

Apa Hukum Badal Umroh Dan Cara Pelaksanaannya (Disertai Dalil)

Rizkia Tour & Travel – Apakah Anda pernah mendapati kejadian seseorang yang meninggal namun belum sempat berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan umroh? Lantas, bagaimana menyikapi hal tersebut? Disebutkan bahwa kondisi yang demikian ini dikenal dengan sebutan badal umroh. Jadi, sama halnya dengan ibadah haji yang adanya badal haji untuk orang yang sudah meninggal dan […]

Learn More
Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?

Kami hadir di sini siap membantu Anda. Silahkan klik untuk chat via Whatsapp.

Customer Service 1

Yesi Saputri

Online

Customer Service 3

Mulya Rahmi

Online

Customer Service 2

Syifa Fauziah

Online

Yesi Saputri

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Mulya Rahmi

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Syifa Fauziah

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00