Siapa Sangka, Ini Dia Keutamaan Masjidil Haram Sebagai Tempat Iconic Di Makkah

Salah satu tempat favorit yang pasti akan selalu dikunjungi oleh para jamaah haji ataupun umroh selama di tanah suci adalah Masjidil Haram. Sebuah tempat bersejarah sekaligus dianggap sebagai tempat suci ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh banyaknya keutamaan Masjidil Haram yang sudah diketahui oleh semua orang seantero dunia. Tentu saja keutamaan tersebut tidak sebanding dengan biaya haji ataupun umroh yang sangat mahal.

Selama di Masjidil Haram, para jamaah haji ataupun umroh melakukan berbagai aktivitas yang diantaranya adalah sholat, berdzikir hingga berdoa dengan harapan semua doa yang diujarkan akan dikabulkan oleh Allah. Selanjutnya, mengenai keutamaan Masjidil Haram, yang demikian ini juga sudah dikatakan bahwa hampir semua rukun ibadah umroh maupun haji dilaksanakan di Masjidil Haram, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi atas fadhilah yang didapatkan selama beribadah di lokasi tersebut.

Terkait dengan keutamaan Masjidil Haram, banyak sekali tanda-tanda di tempat tersebut yang bisa dibilang sangat layak jika lokasi ini dianggap sebagai lokasi yang mampu mendatangkan berkah. Dikatakan bahwa hal ini disebabkan oleh adanya hajar aswat yang diturunkan dari surga, batu maqam yang menjadi pijakan nabi Ibrahim, adanya sumber mata air zam-zam hingga keamanan yang senantiasa selalu terjaga.

Mengenai keutamaan Masjidil Haram yang perlu diketahui

Mengenai keutamaan Masjidil Haram, ada beberapa hal yang menjadikan banyak jamaah kaum muslim di seantero dunia selalu memadati lokasi yang suci ini. Berikut beberapa keutamaan yang nantinya akan Anda dapatkan dengan melakukan ibadah di Masjidil Haram. Mengenai keutamaan dari Masjidil Haram inipun juga sudah banyak disebutkan dalam berbagai hadist juga.

1. Adanya keberkahan dari sisi fisik. Dalam hal ini, keutamaan Masjidil Haram bisa dilihat dari sisi fisik yang mencangkup adanya berkah yang sangat melimpah. Sebagai contoh, di lokasi ini banyak sekali dijual berbagai jenis buah dan lain sebagainya dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan tempat lain. Hal ini sesuai dengan firmannya yang terdapat pada surat Al-Qashash:57 yang menerangkan bahwa tanah haram ini sangat penuh dengan rezeki serta keberkahan.

2. Keberkahan yang didapat dari segi non-fisik. Selanjutnya, keutamaan Masjidil Haram juga bisa didapatkan dari segi non-fisik yang pastinya akan sangat menakjubkan dibandingkan di tempat-tempat lain yang ada di Makkah. Disebutkan bahwa dengan melakukan berbagai rukun umroh ataupun haji, maka Anda akan mendapatkan limpahan pahala yang sangat besar. tidak mengherankan jika sebagian besar waktu akan dihabiskan dengan sholat dan i’tikaf.

3. Semua doa terkabulkan. Siapa sangka jika banyak umat muslim di seluruh dunia yang berlama-lama beribadah di Masjidil Haram. Tentu saja yang demikian ini tidak terlepas dari adanya keutamaan Masjidil Haram yang mampu menjadi tempat penuh berkah atas dikabulkannya semua doa yang dipanjatkan selama ada di lokasi tersebut. Sebaliknya, selama di sini jika Anda berbuat dosa, maka Anda juga akan dilipatgandakan dosa yang Anda perbuat.

4. Pahala shalat berlipat-ganda. Pahala ibadah shalat dilipatgandakan 100.000 kali lipat bagi yang shalat di tanah Al Haram tersebut dibandngkan jika shalat di tempat lain.

5. Dosa juga dilipat-gandakan. Dilipatgandakan balasan dosa bagi yang berbuat dosa di dalamnya. Jika pahala dilipat-gandakan, begitu juga dengan orang yang berniat untuk melakuakn perbuatan dosa akan dilipat-gandakan oleh Allah swt hukumannya.

6. Masjidil Haram tidak boleh dimasuki oleh non-muslim. Diharamkan bagi orang musyrik dan orang yang beragama non-Islam untuk masuk ke wilyah tanah Al Haram tersebut. Selain orang muslim tidak bisa masuk ke dalam masjidil haram karena Allah swt telah melarangnya. Dan memang samapai saat ini belum ada orang non-islam yang masuk ke Masjidil haram.

7. Haram menumpahkan darah. Diharamkan untuk memulai melakukan dengan orang kafir atau membunuh nyawa di wilayah tanah tersebut. Masjidil telah Allah swt haram sebagai tempat pertumpahan darah.

8. Tidak boleh memotong tumbuhan bagi yang umrah dan haji. Dilarang untuk memotong pepohonan dan rerumputan, kecuali jenis izkhir.

9. Diharamkan untuk menyimpan barang temuan kecuali bagi orang yang bagi orang yang berniat untuk mengembalikannya kepada pemiliknya.

10. Diharamkan membunuh atau mengusir hewan buruan. Dan ketentuan ini berlaku bagi siapapaun yang berkunjung ke masjidil Haram.

11. Rumah yang pertama dibangun untuk tempat beribadah manusia ialah Baitullah yang berda di tanah Haram Makkah.

Banyak sekali keutamaan Masjidil Haram yang bisa didapatkan ketika seseorang melakukan ibadah di Masjidil Haram. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan pastinya semua doa yang Anda panjatkan di wilayah yang suci ini akan dikabulkan oleh Allah. Dengan dijadikannya sebagai tempat yang bersejarah, tidak mengherankan jika kemudian lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Untuk itu, pastikan Anda menghabiskan waktu di sini dengan banyak ibadah dan doa jangan sekedar beristirahat saja.

Baca juga:

Share on Whatsapp

Related articles

Apa Hukum Badal Umroh Dan Cara Pelaksanaannya (Disertai Dalil)

Rizkia Tour & Travel – Apakah Anda pernah mendapati kejadian seseorang yang meninggal namun belum sempat berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan umroh? Lantas, bagaimana menyikapi hal tersebut? Disebutkan bahwa kondisi yang demikian ini dikenal dengan sebutan badal umroh. Jadi, sama halnya dengan ibadah haji yang adanya badal haji untuk orang yang sudah meninggal dan […]

Learn More

Perbedaan Haji dan Umrah Yang Perlu Anda Ketahui

Ibadah haji dan umroh adalah ibadah yang bersifat maliyah mahdhoh, atau ibadah yang erat hubunganya dengan harta benda. Ibadah umroh saat ini sering dijadikan sebagai alternatif perjalanan ibadah menuju tanah suci menggantikan ibadah haji. Hal ini disebakannya sistem antrian haji yang begitu lama. Terhitung tahun 2019 ini setiap pendaftaran baru harus menunggu 17 tahun ke […]

Learn More

Hukum Dan Syarat Orang Yang Wajib Melaksanakan Haji

Naik haji bagi yang sanggup melakukannya adalah merupakan Rukun Islam yang kelima. Pengertian haji menurut bahasa adalah menyengaja, sedangkan menurut istilah syar’i haji memiliki makna: suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan sengaja datang ke Baitullah di Mekkah al- Mukarramah dengan maksud untuk beribadah dengan ikhlas hanya mengharapkan ridha Allah swt dengan syarat dan rukun tertentu. […]

Learn More

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu?

Kami hadir di sini siap membantu Anda. Silahkan klik untuk chat via Whatsapp.

Customer Service 1

Yesi Saputri

Online

Customer Service 3

Mulya Rahmi

Online

Customer Service 2

Syifa Fauziah

Online

Yesi Saputri

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Mulya Rahmi

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00

Syifa Fauziah

Assalamu'alaikum, ada yang bisa Kami bantu? 00.00